LATIHAN SOAL BHS.INDONESIA SD KELAS IV SEM I 2014/2015



BIMBINGAN BELAJAR CENDIKA
Pencetak Generasi Prestasi
Jl. Anggrek No 3, Sidakaya, Cilacap
TRY OUT UJIAN TENGAH SEMESTER I
TP. 2014/2015
MAPEL          : BAHASA INDONESIA
KELAS           : IV (Empat)
HARI/TGL     :
WAKTU         :

I.      Pilihlah jawaban yang paling benar.
1.    ”Maaf,  pak pos , nama ini tidak ada di kelas kami,” kata Andi.
Pak Pos pun pergi dan berkata,”Terima kasih, Nak.”
Pokok pikiran kutipan percakapan tersebut adalah..
a. kabar dari teman             c. salah tebak
b. Pak Pos tersesat              d. salah alamat
2.    ”Tidak! Aku tidak mau pergi walau kaubujuk aku denganapa pun,” kata Gagas.
Sifat atau watak Gagas adalah....
a. kikir                              c. lemah
b. keras kepala                  d. ramah
3.      Kegiatan menari serimpi membawa berkah, itulah yang dirasakan Dian Hartati yang sejak kecil menekuni menari. Berkat prestasinya dalam dunia menari, gadis asal Bandung ini menjuarai lomba menari di Jakarta.
Ide pokok paragraf itu adalah....
a. Dian Hartati menjuarai lomba menari di Jakarta.
b. Dian Hartati penari asal Bandung.
c. Prestasi Dian Hartati dalam menari.
d. Kegiatan menari membawa berkah.
4.    Penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. Gunung Tangkuban perahu berada di Jawa Barat.
b. Gunung Tangkuban Perahu berada di Jawa Barat.
c. Gunung tangkuban perahu berada di Jawa Barat
d. Gunung Tangkuban Perahu berada di Jawa barat.
5.    Ternyata, museum itu memiliki banyak koleksi penting. Ada berbagai jenis buku, kliping koran lama, dan surat-surat penting yang ditulis tokoh penting Indonesia.
Isi cerita tersebut lebih tepat sebagai ....
a. pengalaman menarik
b. laporan kunjungan
c. dongeng
d. berita
6.    Penggunaan kata baku yang tepat terdapat pada kalimat ....
a. saya belum bisa menulis bahasa inggris dengan benar.
b. saya nggak bisa menlis bahasa inggis dengan benar.
c. gue belum bisa menulis bahasa inggris dengan benar.
c. gue nggak bisa nulis bahasa inggris dengan benar.
7.    Arman        : ”Segala macam cara telah aku lakukan, tapi belum juga berhasil.”
Yayan       : (sambil mendekat) ”Apa Kau menyerah?”
Arman : ”Tidak! Aku akan tetap berusaha.”
Sikap yang perlu ditiru dari tokoh drama itu ialah..
a. setia                              c. putus asa
b. sombong                       d. pantang menyerah
8.    Penulisan percakapan yang benar ialah ....
a. Farika : Fit! Apa hobimu?
Fitri : Hobiku membaca buku.
b. Amin : ”Di! Di mana kau?”
Adi : ”Aku ada di kelas.”
c. Farika = Fit! Apa hobimu?
Fitri = Hobiku membaca buku.
d. ”Amin” :”Di! Dimana kamu?”
”Adi” : ”Aku ada di kelas.”
9.    Penulisan kata di yang bukan merupakan kata depan adalah ....
a. di sekolah                     c. di aduk
b. di kota                          d. di rumah
10.  Komentar adalah berupa . . . .
a. Persetujuan                   c. Rayuan
b. Ajakan                          d. Informasi

II.          Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1.      Sebutkan unsur – unsur dalam cerita!
2.      Apakah yang dimaksud dengan poster?
3.      Sebutkan ciri – ciri poster yang baik!
4.      Buatlah kalimat poster dengan tema hemat energi.
5.      Bagaimana cara menolak pendapat orang lain?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar