CARA MEMILIH BUKU TEKS SESUAI KEBUTUHAN


      Berhati hatilah ketika memilih buku teks yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak buku teks yang mahal tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan kita sehingga jangan sampai terpanacing oleh harga yang mahal. Belum tentu harga yang mahal sesui dengan kebutuhan kita.       
Dibawah ini ada beberpa pertimbangan ketika seorang guru memilih buku teks yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai seorang guru, kita juga harus pandai dalam memilih buku teks yang baik. Geene dan Pety (dalam Tarigan, 1986: 21) menyodorkan sepuluh kategori yang harus dipenuhi buku teks yang berkualitas. Sepuluh kategori tersebut sebagai berikut.
1. Buku teks haruslah menarik minat siswa yang mempergunakannya.

2. Buku teks haruslah mampu memberikan motivasi kepada para siswa yang memakainya.

3. Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik siswa yang memanfaatkannya.

4. Buku teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.

5. Isi buku teks haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya, lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan terencana sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.

6. Buku teks haruslah dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunaknnya.

7. Buku teks haruslah dengan sadar dan tegas menghindar dari konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak embuat bingung siswa yang memakainya.

8. Buku teks haruslah mempunyai sudut pandang atau ”point of view” yang jelas dan tegas sehingga ada akhirnya juga menjadi sudut pandang para pemakainya yang setia.

9. Buku teks haruslah mamu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.

10. Buku teks haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para pemakainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar