Minggu, 13 September 2015

LATIHAN SOAL IPS SMP UTS I TP. 2012/2013


BIMBINGAN BELAJAR CENDIKA
TRY OUT UJIAN TENGAH SEMESTER I
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                   : VII (Tujuh)


PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.    Perhatikan tabel berikut ini !
No
Bentuk muka bumi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Lipatan
Patahan
Pelapukan
vulkanisme
Erosi
Sedimentasi
Bentuk muka bumi sebagai akibat proses alam eksogen ditunjukkan oleh nomer...
a.    1,2,3
b.    1,3,5
c.     2,4,6
d.    3,5,6
2.    Perhatikan ciri – ciri gunung api berikut ini!
1.       Terbentuk dari hasil erupsi ekspolsif dan efusif
2.       Puncak gunung berbentuk runcing
3.       Banyak terdapat di Indonesia
Pernyataan di atas menunjukkan ciri-ciri  tipe gunung api...
a.    Strato                       c. maar
b.    Perisai                      d. Prisma
3.    Penggolongan jenis gempa berdasarkan skala richter yang menunjukkan gempa besar adalah gempa dengan kekuatan....
a.    < 2                             c. 5 - 6
b.    2 – 4                          d. 7 – 8
4.    Pelapukan batuan yang disebabkan karena aktivitas tumbuhan, hewan dan manusia di sebut pelapukan....
a.    Fisik                           c. organik
b.    Anorganik               d. Kimiawi
5.    Perhatikan tabel berikut ini!
I
II
III
IV
Boom
Lumpur
Solfatar
Debu
Pasir
Lapili
Fumarol
Boom
lapili
moffet
moffet
solfatar
Dari tabel di atas, material padat yang dikeluarkan pada saat gunung api meletus ditunjukkan pada romawi..
a.     I                                  c. IIII
b.    II                                 d. IV
6.    Berikut ini yang bukan merupakan dampak positif yang ditimbulkan oleh tenaga endogen adalah....
a.    Sedimentasi dapat menjadikan endapan tanah yang subur untuk pertanian
b.    Matahari menimbulkan terjadinya hujan yang berguna bagi makhluk hidup
c.     Banyaknya gunung api yang menghasilkan abu vulkanis yang menyuburkan
d.    Gunung meletus mengakibatkan hujan abu yang menjadikan tanah subur
7.    Pengertian proses sosialisasi yang benar adalah...
a.       Hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok/antar kelompok.
b.      Suatu tindakan yang di lakukan untuk memenuhi tuntutan priadi.
c.       Proses untuk mengajak warga masyarakat mematuhi norma yang ada.
d.      Tahapan tahapan yang timbul sebagai akibat interaksi sosial berupa pengaruh timbal balik.
8.    Fosil yang dapat memberikan petunjuk tentang kehidupan manusia purba disebut....
a.       Artefak                  b ekotek
b.      Fosil kuno             d. Leith fosil
9.    Perhatika data berikut ....
1.       Kapak batu           4. Abris sous rourche
2.       Leith fosil              5. Punden berundak
3.       nekara
10. mempelajari benda benda jaman Pra Aksara berdasarkan letaknya di dalam lapisan bumi adalah mempelajari dengan cara....
a.       arkeologo             c. startigrafi
b.      tipologi                   d. paleontologi
11. Teori yang menyatakanHomo Erectus dari Afrika bermigran ke Eropa, Asia dan Indonesia. Di daerah tersebut mereka beradaptasi kemudian berkembang menjadi Homo Sapiens purba yang khas pada daerahnya masing-masing ....
a.       teori kesinambungan
b.      teori penggantian
c.       teori adaptasi
d.      teori ketergantungan
12. Penemu fosil Pithecantrhopus Erectus adalah ...
a.       Dr. Reitschoten
b.      Dr. Eugene dobois
c.       Von koesnigswald
d.      Ter haar dan oppenorth
13. UNESCO mengesahkan Sangiran sebagai warisan budaya dunia adalah ....
a.       Manusia purba di Sangiran memiliki kebudayaan tinggi.
b.      UNESCO bertujuan mencontoh hasil budaya Sangiran.
c.       Sangiran merupakan salah satu situs langka di dunia.
d.      Sangiran memiliki situs sejarah terbanyak di dunia
14. Berikut ini merupakan hakekat manusia sebagai mahluk sosial, kecuali...
a.       Manusia yang selalu berhubungan dengan manusia lain.
b.      Manusia yang saling bekerjasama dengan manusia lain.
c.       Manusia yang memiliki banyak kebutuhan
d.      Manusia yang saling membutuhkan bantuan orang lain.
15. Fungsi manusia sebagai mahluk sosial, kecuali ....
a.       Menjaga keharmonisan di masyarakat.
b.      Tolong menolong
c.       Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
d.      Membandingkan pengorbanan dan manfaat yang diperoleh
16. Berikut ini bukan merupakan tujuaan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah ...
a.       Mempelajari berbagai peristiwa ekonomi dan cara mengatasinya
b.      Mencapai kesejahteraan dan kemakmuran
c.       Sebagai petunjuk tentang cara mengukur tingkat kemakmuranmasyarakat.
d.      Mempelajari cara memnuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam.
17. Peryataan!
1.       Bertindak sesuai perkembangan di masyarakat
2.       Memiliki sifat tidak puas
3.       Berperilaku sesuai dengan keinginan
4.       Banyak keinginan dan kebutuhan
5.       Pola hidup konsumtif
6.       Dalam bertindak penuh dengan pertimbangan
Ciri – ciri manusia sebagai mahluk ekonomi di tunjukan pada nomor ..
a.       1, 2, 3                      c. 1, 3, 5
b.      4, 5, 6                      d. 2, 4, 6
18. Di bawah ini tidak termasuk bentuk kepedulian yang mencerminkan adanya hubungan yang selaras antara manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk ekonomi..
a.       Mengembangkan sikap saling menghormati terhadap hak dan kewajiban
b.      Membudayakan cara memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam
c.       Selalu berusaha menjaga dan memupuk harga diri
d.      Menerapkan sikap tolong menolong dan melakukan kegiatan sehari hari
19. Pengertian homo homini socius ...
a.       Manusia adalah kawan bagi sesama
b.      Manusia yang atu srigala bagi manusia yang lain.
c.       Manusia dalam bertindak penuh pertimbangan
d.      Manusia adalah mahluk Tuhan yang paling sempurna
20. Dari data berikut yang merupakan contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui...
a.       1. Tambang besi
2. udara
3. mineral batu
4. sumber nabati
b.      1. Ikan dan laut
2. bauksit
3. rotan
4. damar
c.       1. Pasir di laut
2. batu di kali
3. sumber daya hewani
4. tanah
d.      1. Batu bara
2. emas
3. nikel
4. minyak bumi

LATIHAN SOAL IPS UTS I SMP KELAS VIII TP. 2012/2013


BIMBINGAN BELAJAR CENDIKA
LATIHAN UJI KOMPETENSI UTS I
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                     : VIII ( Delapan )

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT
1.     Perhatikan data!
1.       Warna coklat kehitaman
2.       Mengandung bahan organik/humus
3.       Subur/gembur
4.       Ketebalan 25 – 30 cm
Berdasarkan data di atas,dapat diambil kesimpulan bahwa tanah tersebut pada lapisan...
a.         Top soil                  c. mantle rock
b.        Sub soil                 d. Batuan dasar
2.    Perhatikan data!
1.       Tumbuhan homogen
2.       Ketinggian 12 – 35 meter
3.       Terdapat di Indonesia Tengah
4.       Daun meranggas saat kemarau, semi saat penghujan
Berdasarkan ciri – ciri di atas dapat disimpulkan jenis hutan tersebut adalah hutan....
a.       Hujan tropis         c. sabana
b.      Musim                    d. Mangrove
3.    Garis yang berguna untuk membatasi flora dan fauna Indonesia bagian barat dengan flora dan fauna peralihan disebut garis....
a.       Wallacea                c. lintang
b.      Weber                    d. Bujur
4.    Negara di dunia yang jumlah penduduknya lebih besar dari Indonesia adalah....
a.       RRC, India, Amerika Serikat
b.      India, Brazil, Pakistan
c.       Amerika Serikat, Bangladesh, Malaysia
d.      RRC, India, Afrika Selatan
5.    Permasalahan yang muncul akibat urbanisasi bagi desa yang ditinggalkan adalah....
a.       Produktivitas pertanian meningkat
b.      Keamanan terjamin
c.       Areal pertanian bertambah luas
d.      Desa kehilangan tenaga kerja
6.    Pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu dan untuk tujuan tertentu disebut....
a.       Komposisis penduduk
b.      Klasifikasi penduduk
c.       Registrasi penduduk
d.      Survey penduduk
7.    Upaya untuk melestarikan sumber daya air adalah....
a.       Membentuk terasering
b.      Menetapkan kawasan hutan lindung
c.       Membudidayakan tanaman bakau di pantai
d.      Penanaman kembali hutan yang gundul
8.    Tugas pokok Daendels di Indonesia adalah....
a.       Menarik pajak dari rakyat Indonesia
b.      Membangun militer yang kuat di Indonesia
c.       Mempertahankan pulau jawa dari serangan Inggris
d.      Merombak  sisitem pemerintahan feodal
9.    Alasan kaum Liberal Belanda menentang pelaksanaan sistem tanam paksa di Indonesia adalah....
a.       Menyengsarakan rakyat Indonesia
b.      Tidak berkesempatan menyewa tanah di Indonesia
c.       Tidak berkesempatan menanam modal di indonesia
d.      Hanya menguntungkan pihak swasta asing yang berada di Indonesia
10.  Pemungutan pajak berupa hasil bumi pada pemerintahan Daendels dinamakan....
a.         Landrente System
b.        Contingenten
c.         Verplichte Leveratie
d.        Cultur Stelsel
11.  Pernyataan berikut merupakan pengertian dari Hukum Tawan Karang adalah....
a.         Kapal asing yang melewati Kerajaan Buleleng (Bali) akan dirampas
b.        Kapal asing yang terdampar di Kerajaan Buleleng (Bali ) maka menjadi milik Kerajaan Buleleng
c.         Kapal asing yang membawa batu karang akan dirampas
d.        Pemberian denda bagi kapal asing yang melewati perairan Bali
12.  Buku yang berjudul Max Havelaar karangan Douwes Dekker, berisi tentang...
a.         Penderitaan rakyat Banten akibat tanam paksa
b.        Penderitaan rakyat Indonesia akibat kerja rodi
c.         Cara – cara menanam tanaman yang baik
d.        Usaha memajukan perkebunan di Indonesia
13. Peonal Sanctie merupakan usaha pemerintah Kolonial Belanda untuk....
a.         Melindungi kaum bangsawan dari berbagai macam pajak
b.        Memenuhi kebutuhan tenaga kerja perkebunan di luar Jawa
c.         Melindungi pemodal asing agar buruh tidak melarikan diri
d.        Meningkatkan kesejahteraan kaum buruh
14. Ditinjau dari tingkat intensitasnya kebutuhan manusia digolongkan menjadi...
a.         Kebutuhan individu dan kolektif
b.        Kebutuhan primer, sekunder dan tersier
c.         Kebutuhan jasmani dan rohani
d.        Kebutuhan sekarang dan yang akan datang
15.  Alat pemuas kebutuhan manusia:
1.       Barang bergerak
2.       Barang modal
3.       Barang konsumsi
4.       Barang tidak bergerak
5.       Barang konkret
6.       Barang abstrak
Macam alat pemuas kebutuhan manusia  menurut sifatnya ditunjukkan pada nomor....
a.       1 dan 4                   c. 3 dan 5
b.      2 dan 3                   d. 5 dan 6