Beberapa materi yang terkait dengan materi english yunior high
TENSES
GRAMAR
STRUCTURE
16 Tensis dalam Bahasa Inggris
Pengungkapan suatu kejadian/aktivitas atau fakta baik melalui tulisan (writing) maupun percakapan (speaking) pada umumnya mengikuti pola sebagai berikut: Subject + Verb/Predicate + Object + Modifier Dalam bahasa Inggris, pengungkapan kejadian/aktivitas atau fakta tersebut selalu berpatokan pada tensis. Dengan tensis,...
Simple Present Tense
Formula untuk Simple Present Tense adalah: Subject + Verb1 + Object + Modifier Note: jika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan be: is/am/are. Is digunakan jika subject-nya singular yaitu he, she, it dan noun yang dapat digantikan dengan subject pronoun he, she atau it; Am jika subject-nya I; Sedangkan, ...
Present Continuous Tense
Formula untuk Present Continuous Tense atau Present Progressive Tense adalah: Subject + (is/am/are) + (Verb1+ing) + Object + Modifier Farmers in Jati Bali are growing rice crops now. (Petani-petani di Jati Bali sedang bercock tanam padi sekarang). Some students are conducting research on vegetative plant...
Simple Past Tense
Formula untuk Simple Past Tense adalah: Subject + Verb2 + Object + Modifier Contoh: Farmers in Jati Bali grew rice crops 6 months ago. (Petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi 6 bulan yang lalu). Some students conducted research on vegetative plant propagations last year. (Beberapa siswa melakukan penelitian...
Past Continuous Tense
Formula untuk Past Continuous atau Past Progressive Tense adalah: Subject + (Was/Were) + (Verb1+ing) + Object + Modifier Contoh: Farmers in Jati Bali were growing rice crops at 9 a.m yesterday. (Petani-petani di Jati Bali sedang menanam padi jam 9 pagi kemarin). Some students were conducting research on vegetative plant...
Present Perfect Tense
Formula untuk Present Perfect Tense adalah: Subject + (has/have) + verb3 + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali have grown rice crops since 1970. (Petani-petani di Jati Bali telah menanam padi sejak tahun 1970). Some students have conducted research on vegetative plant propagations for two months. (Beberapa...
Present Perfect Continuous Tense
Formula untuk Present Perfect Continuous Tense adalah: Subject + (has/have) + been + (verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali have been growing rice crops since 1970. (Petani-petani di Jati Bali telah menanam padi sejak tahun 1970). Some students have been conducting research on vegetative plant...
Past Perfect Tense
Pola untuk past perfect tense adalah sebagai berikut: Subject + had + verb3 + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali had grown rice crops before I came to this village in 1985. (Petani-petani di Jati Bali telah bercocok tanam padi sebelum saya datang ke desa ini tahun 1985). Some students had conducted research...
Past Perfect Continuous Tense
Formula untuk Past Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut: Subject + had + been + (verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali had been growing rice crops for more than 20 years before I came to this village in 1985. (Petani-petani di Jati Bali telah bercocok tanam padi selama lebih dari 20...
Simple Future Tense
Simple future tense dapat dinyatakan dengan menggunakan 3 pola berikut: Subject + will + verb1+ object + modifier Subject + [(is/am/are/) going to] + verb1+ object + modifier Subject + (is/am/are/) + (verb1+ing )+ object + modifier Note: In American English, auxiliary shall (i.e. sepupunya will) sudah sangat...
Future Continuous (Progressive) Tense
Formula untuk Future Continuous tense atau Future Progressive Tense adalah: Subject + will + be +( verb1+ing) + object + modifier Subject + [(is/am/are/) going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali will be growing rice crops at 9 a.m. tomorrow. (Petani-petani di Jati Bali...
Future Perfect Tense
Pola Future Perfect Tense adalah sebagai berikut: Subject + will + have + verb3 + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali will have grown rice crops by the end of next month. (Petani-petani di Jati Bali akan telah bercocok tanam padi sebelum akhir bulan depan). Some students will have conducted...
Future Perfect Continuous Tense
Pola Future Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut: Subject + will + have + been + ( verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali will have been growing rice crops for 40 years by the end of this year. (Petani-petani di Jati Bali akan telah bercocok tanam padi selama 40 tahun sebelum...
Past Future Tense
Pola untuk Past Future Tense adalah sebagai berikut: Subject + would + verb1+ object + modifier Subject + [(was/were) going to] + verb1+ object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali would grow rice crops last month. (Petani-petani di Jati Bali akan bercocok tanam padi bulan lalu). Some students would...
Past Future Continuous Tense
Pola untuk Past Future Continuous atau Past Future Progressive Tense adalah: Subject + would + be +( verb1+ing) + object + modifier Subject + [(was/were) going to] + be + (verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali would be growing rice crops at 9 a.m. yesterday. (Petani-petani di Jati...
Past Future Perfect Tense
Past Future Perfect Tense mengikuti pola berikut: Subject + would + have + verb3 + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali would have grown rice crops by the end of last month. (Petani-petani di Jati Bali akan telah bercocok tanam padi sebelum akhir bulan lalu). Some students would have conducted research on...
Past Future Perfect Continuous Tense
Pola atau formula untuk Past Future Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut: Subject + would + have + been + ( verb1+ing) + object + modifier Contoh: Farmers in Jati Bali would have been growing rice crops for 40 years by the end of last month. (Petani-petani di Jati Bali akan telah bercocok tanam padi selama...
NOUN (kata benda)
Noun (kata benda) adalah kata-kata yang menyatakan materi-materi yang ada di alam semesta baik mahluk hidup maupun benda mati, baik nyata maupun abstrak.
Pada tabel berikut diberikan beberapa contoh noun. Untuk menambah vocabulary, silakan buat tabel dan setiap kali kamu menemukan kata baru, tambahkan kata baru tersebut pada tabel. Dan akan lebih baik jika setiap kata baru tesebut dibuatkan contoh kalimatnya masing-masing.
1. Living things (mahluk hidup).
Kata-kata dalam tabel berikut adalah noun yang tergolong mahluk hidup.
*
dog (anjing)
*
cat (kucing)
*
tiger (harimau)
*
bat (kelelawar)
*
spider (laba-laba)
*
snake (ular)
*
mosquito (nyamuk)
*
mouse (tikus)
*
cockroach (kecoak)
*
ant (semut)
*
cock (ayam jantan)
*
tree (tumbuhan)
*
plant (tanaman)
*
mango (mangga)
*
rambutan (rambutan)
*
rose (mawar)
*
Rice crop (tanaman padi)
*
cocconut (kelapa)
*
jasmine (melati)
*
grass (rumput)
*
lion (singa)
*
monkey (monyet)
*
bee (lebah)
*
ant (semut), dst.
2. Non-living things (benda mati)
Kata-kata dalam tabel berikut adalah noun yang tergolong mahluk tak hidup.
*
bedroom (kamar tidur)
*
book (buku)
*
broom (sapu)
*
chair (kursi)
*
clay (tanah liat)
*
cup (cangkir)
*
door (pintu)
*
eraser (penghapus)
*
fertilizer (pupuk)
*
floor (lantai)
*
fork (garpu)
*
glass (gelas)
*
house (rumah)
*
kitchen (dapur)
*
lime (kapur)
*
mirror (cermin)
*
nutrient (hara)
*
pen (pulpen)
*
pencil (pensil)
*
paper (kertas)
*
pillow (bantal)
*
plate (piring)
*
sand (pasir)
*
sofa (sofa)
*
soil (tanah)
*
spoon (sendok)
*
table (meja)
*
tile (tegel)
*
water (air)
*
window (jendela), dst.
3. Kata benda yang dibentuk melalui perubahan kata.
Kata benda (noun) dapat dibentuk dari kata sifat (adjective) dan kata kerja (verb).
a. Perubahan adjectives menjadi nouns
Kata benda (noun) dapat bentuk dari kata sifat (adjective) melalui cara-cara berikut:
1. Dengan menambahkan “ness” diakhir kata sifat.
Contoh:
* sad (sedih) — sadness (kesedihan)
* happy (bahagia) — happiness (kebahagiaan) !!! ‘ y ‘ — ‘ i ‘
* mad (gila) — madness (kegilaan)
2. Dengan menghilangkan akhiran “ful” pada kata sifat.
Contoh:
* beautiful (cantik) — beauty (kecantikan).!!! huruf ‘ i ‘ — ‘ y ‘
* sorrowful (menderita) — sorrow (penderitaan)
b. Perubahan verbs menjadi nouns
Kata benda (noun) dapat bentuk dari kata kerja (verb) melalui cara-cara berikut:
1. Dengan menambahkan akhiran “ment” pada kata kerja.
Contoh:
* develop (mengembangkan) – development (perkembangan)
* state (menyatakan) — statement (pernyataan)
* move (bergerak) — movement (pergerakan)
2. Dengan menambahkan akhiran “ion” pada kata-kata kerja yang berakhiran“ate“. Sebelum disisipkan akhiran -ion, huruf ‘ e ‘ terakhir dari kata kerja tersebut dihilangkan.
Contoh :
* transmigrate (pindah ke pulau lain) — transmigration (trasmigrasi)
* initiate (memulai) — initiation (permulaan)
* demonstrate (mendemonstraskan) — demonstration (demonstrasi)
3. Dengan menambahkan “ing” diakhir kata kerja. Verb + ing yang difungsikan sebagai noun disebut gerund.
Contoh :
* act (berperan di depan kamera) — acting (aksi di depan kamera, lagak)
* swim (berenang) — swimming (berenang)
* write (menulis) – writing (tulisan).
4. Disamping itu, banyak kata kerja lainnya yang juga berfungsi sebagai kata benda tanpa melalui perubahan bentuk.
Contoh:
*
act (undang-undang)
*
call (panggilan telepon)
*
copy (salinan)
*
cut (potong)
*
rest (istirahat)
* sleep (tidur)
* study (pembelajaran, penelitian)
* supplement (tambahan)
* view (pemandangan)
Note: Dengan memperhatikan akhiran dari sebuah kata sering kita dapat menentukan bahwa kata tersebut adalah noun. Di atas telah disinggung bahwa jika sebuah kata berakhiran dengan -ness, -ment, -ion, adalah ciri dari kata benda. Hal ini akan bermanfaat sekali jika kita menggunakan kata tersebut dalam kalimat.
TUGAS BAHSA INGGRIS KELAS VIII
Setelah mempelajari noun, sekarang latihan"
Buatlah 10 kalimat dengan menggunakan kata jennis noun
(pilih 10 jenis kata yg ada di atas dan buatlah menjadi sebua kalimat lengkap)
selamat belajar"
Sabtu, 16 Januari 2010
Empat Penyebab Kemampuan Bahasa Inggris Meningkat
Setelah diketahui penyebabnya, barulah kemudian dicari solusinya. Menurut saya, penyebab utama kenapa kemampuan berbahasa Inggris sulit meningkat hanya ada 4.
What is wrong with me?” Pertanyaan ini mungkin sering menggerogoti fikiran anda jika bahasa Inggris anda masih mentok di situ dan tidak kunjung meningkat. Jika memang demikian pertanyaan Anda maka Anda tetap perlu bersyukur bahwa dengan adanya pertanyaan seperti itu, di dada anda masih ada gelora untuk bisa. You just keep on trying! Walaupun bahasa Inggris memang kompleks (i.e. karena vocab yang banyak, pronunciation yang tidak konsinten, banyak perkecualian, ect. Jika orang lain bisa kenapa anda tidak? Yang perlu dicaritahu sekarang adalah apa yang salah; apakah metodenya, tingkat keseriusan, atau mungkin karena alasan lainnya?
Setelah diketahui penyebabnya, barulah kemudian dicari solusinya. Menurut saya, penyebab utama kenapa kemampuan berbahasa Inggris sulit meningkat hanya ada 4.
4 Penyebab Kemampuan Bahasa Inggris Sulit Meningkat:
Penyebab pertama adalah Kebiasaan berbahasa Indonesia yang (maaf) jelek. Kalau kita ngomong atau nulis, pada umumnya kita suka berputar-putar (not to the point), plus tidak terstruktur, sehingga sering kita tidak tahu mana main subject, main verb, dan seterusnya. Lho, apa hubungannya dengan bahasa Inggris? Silakan baca poin berikut!
Penyebab kedua adalah Ketika menggunakan bahasa Inggris, baik via speaking maupun writing, kita umumnya mempartisi otak kita menjadi 2, yaitu partisi A untuk bahasa Indonesia dan partisi B untuk bahasa Inggris. Pertama-tama kalimat dibuat dulu di partisi A, baru kemudian diekspor ke partisi B untuk ditranslate sebelum akhirnya diekspresikan lewat speaking or writing. Efeknya adalah pola atau grammar yang sudah payah-payah dipelajari sejak SMP menjadi terlupakan karena partisi B terlalu sibuk mentraslate kata demi kata yang dibuat di partisi A. Dan, karena kalimat bahasa Indonesianya muter-muter dan tidak terstruktur, partisi B menjadi tambah pusing dalam melakukan translasi. Akibatnya, partisi B sering hang (macet), dan no output yang dihasilkan. Kalau pun partisi B berhasil mengeluarkan output, output tersebut umumnya jauh di bawah standar, alias bahasa Inggris yang jelek. Selain itu, lawan bicara biasanya sudah tertidur dimakan nyamuk karena kelamaan nunggu.
Penyebab ketiga adalah Motivasi yang tidak konsisten. Bagi pelajar, motivasi untuk belajar bahasa Inggris pada umumnya karena ingin mendapat nilai bagus. Artinya, bahasa Inggris hanya dipelajari waktu mau ujian, dan setelah ujian selesai bukunya sudah mengendap entah dimana.
Penyebb keempat adaah Metode belajar bahasa Inggris yang kurang tepat. Jika hanya mengandalkan daya hafal, your English will not get better.
Lantas apa solusinya?
Gunakan partisi B saja (dan lupakan partisi A).
Dengan menggunakan satu partisi, grammar anda tidak akan terkontaminasi oleh struktur bahasa Indonesia anda yang jelek (jika misalnya memang jelek) dan komunikasi akan menjadi lebih lancar karena berkurangnya birokrasi di dalam otak anda. Dengan bermodalkan struktur bahasa dan vocabs yang telah dipelajari sejak SMP sebenarnya kita sudah dapat berkomunikasi dengan santai. Believe or not? Kalau tidak percaya, silakan buat list dulu! Kelompokkan words yang sudah anda tahu ke dalam nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjunctions, prepositions, dan articles, kemudian total. Saya yakin vocabs anda sudah jauh di atas 1000. You know what? Dengan menguasai 1000 words saja, kita sebenarnya sudah dapat komunikasi dengan lancar, baik di sekolah, di rumah, di mall, di bar, atau bahkan di dalam mimpi. Dengan catatan, jika anda merasa menemui jalan buntu, revisi saja kalimatnya dengan menggunakan words yang lain. Ingat, ketika komunikasi dalam bahasa inggris, just use what you’ve got dan lupakan bahasa Indonesia. Anda akan rasakan bedanya.
Keep your motivation steadily high.
Dengan motivasi yang tinggi, anda akan merasa enjoy (tidak merasa terpaksa) untuk menghabiskan waktu berjam-jam membaca atau menghafal grammar, membuka dictionary, dan praktek bahasa inggris. Jika anda cepat merasa bosan, itu berarti motivasi anda belum cukup tinggi. Kalau saya dulu, sekedar contoh, motivasi itu tinggi karena saya sangat ingin sekolah gratis di luar negeri. Lalu, apa motivasi anda belajar bahasa Inggris?
Karena bahasa Inggris sangat kompleks, tentu saja butuh waktu untuk mempelajarinya. Banyak teman kita menyerah di tengah jalan karena kurang sabaran, terlalu ingin tiba di garis finish dalam waktu yang singkat. Saran saya, don’t be too ambisious to touch the finish line in a very short time. Hal ini selain akan membuat fondasi grammar anda tidak kokoh, juga dapat mematahkan motivasi anda. Rileks saja, sooner or later you will arrive there.
Use good learning media that fit you.
Media belajar yang tepat tergantung pada karakter dan lifestyle seseorang. Media yang tepat untuk orang lain belum tentu tepat untuk anda, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah media yang dapat anda coba:
1. Jangan gunakan kamus yang hanya berisikan arti kata saja (i.e. can = dapat, month = bulan, plough = membajak, ect). Why? Karena kalimat-kalimat yang anda buat menjadi salah. Coba perhatikan 3 contoh kalimat berikut, yang kemungkinan besar akibat dari penggunaan kamus seperti itu:
• You must can (kamu harus bisa)
• The month goes round the earth (bulan mengitari bumi)
• Three people ploughed the airplane (tiga orang membajak pesawat itu).
2. Jika anda suka dengarkan lagu-lagu barat then keep doing so, dan jika anda tidak dapat nangkap lirycs-nya, cari di internet. Berikut adalah manfaat dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris:
• Dapat meningkatkan listening skill anda.
• Dapat mengetahui how a certain word is pronounced.
• Dapat membantu membangun vocabs anda, karena kata-kata di dalam lagu lebih lama melengket di dalam memori anda (apalagi lagu-lagu bertemakan love).
• Dapat membantu mengingat pola-pola kalimat tertetu. Misalnya, dari lagunya the Corrs berjudul “What can I do” anda dapat jadikan acuan tentang penggunaan modal can dalam kalimat tanya; Pola apa yang anda dapatkan dari “It must’ve been love” oleh Rossette ini?
• Ketika anda bersedandung kecil di kamar mandi, anda sudah practice speaking, membentuk pola, etc.
3. Jika anda suka nonton DVD, then watch DVD movies. Sub-title dari DVD movies tersebut akan membantu anda bagaimana kata-kata tertentu dilafalkan. Pilih movies yang paling bagus menurut anda sehingga anda tidak merasa bosan untuk mutarnya lagi.
4. Gunakan fasilitas chatting, email, or whatever that uses English.
5. Visit http://swarabhaskara.byethost11.com. Blog tersebut berisikan grammar yang ditulis secara bilangual.
Practice makes perfect.
What is wrong with me?” Pertanyaan ini mungkin sering menggerogoti fikiran anda jika bahasa Inggris anda masih mentok di situ dan tidak kunjung meningkat. Jika memang demikian pertanyaan Anda maka Anda tetap perlu bersyukur bahwa dengan adanya pertanyaan seperti itu, di dada anda masih ada gelora untuk bisa. You just keep on trying! Walaupun bahasa Inggris memang kompleks (i.e. karena vocab yang banyak, pronunciation yang tidak konsinten, banyak perkecualian, ect. Jika orang lain bisa kenapa anda tidak? Yang perlu dicaritahu sekarang adalah apa yang salah; apakah metodenya, tingkat keseriusan, atau mungkin karena alasan lainnya?
Setelah diketahui penyebabnya, barulah kemudian dicari solusinya. Menurut saya, penyebab utama kenapa kemampuan berbahasa Inggris sulit meningkat hanya ada 4.
4 Penyebab Kemampuan Bahasa Inggris Sulit Meningkat:
Penyebab pertama adalah Kebiasaan berbahasa Indonesia yang (maaf) jelek. Kalau kita ngomong atau nulis, pada umumnya kita suka berputar-putar (not to the point), plus tidak terstruktur, sehingga sering kita tidak tahu mana main subject, main verb, dan seterusnya. Lho, apa hubungannya dengan bahasa Inggris? Silakan baca poin berikut!
Penyebab kedua adalah Ketika menggunakan bahasa Inggris, baik via speaking maupun writing, kita umumnya mempartisi otak kita menjadi 2, yaitu partisi A untuk bahasa Indonesia dan partisi B untuk bahasa Inggris. Pertama-tama kalimat dibuat dulu di partisi A, baru kemudian diekspor ke partisi B untuk ditranslate sebelum akhirnya diekspresikan lewat speaking or writing. Efeknya adalah pola atau grammar yang sudah payah-payah dipelajari sejak SMP menjadi terlupakan karena partisi B terlalu sibuk mentraslate kata demi kata yang dibuat di partisi A. Dan, karena kalimat bahasa Indonesianya muter-muter dan tidak terstruktur, partisi B menjadi tambah pusing dalam melakukan translasi. Akibatnya, partisi B sering hang (macet), dan no output yang dihasilkan. Kalau pun partisi B berhasil mengeluarkan output, output tersebut umumnya jauh di bawah standar, alias bahasa Inggris yang jelek. Selain itu, lawan bicara biasanya sudah tertidur dimakan nyamuk karena kelamaan nunggu.
Penyebab ketiga adalah Motivasi yang tidak konsisten. Bagi pelajar, motivasi untuk belajar bahasa Inggris pada umumnya karena ingin mendapat nilai bagus. Artinya, bahasa Inggris hanya dipelajari waktu mau ujian, dan setelah ujian selesai bukunya sudah mengendap entah dimana.
Penyebb keempat adaah Metode belajar bahasa Inggris yang kurang tepat. Jika hanya mengandalkan daya hafal, your English will not get better.
Lantas apa solusinya?
Gunakan partisi B saja (dan lupakan partisi A).
Dengan menggunakan satu partisi, grammar anda tidak akan terkontaminasi oleh struktur bahasa Indonesia anda yang jelek (jika misalnya memang jelek) dan komunikasi akan menjadi lebih lancar karena berkurangnya birokrasi di dalam otak anda. Dengan bermodalkan struktur bahasa dan vocabs yang telah dipelajari sejak SMP sebenarnya kita sudah dapat berkomunikasi dengan santai. Believe or not? Kalau tidak percaya, silakan buat list dulu! Kelompokkan words yang sudah anda tahu ke dalam nouns, verbs, adjectives, adverbs, conjunctions, prepositions, dan articles, kemudian total. Saya yakin vocabs anda sudah jauh di atas 1000. You know what? Dengan menguasai 1000 words saja, kita sebenarnya sudah dapat komunikasi dengan lancar, baik di sekolah, di rumah, di mall, di bar, atau bahkan di dalam mimpi. Dengan catatan, jika anda merasa menemui jalan buntu, revisi saja kalimatnya dengan menggunakan words yang lain. Ingat, ketika komunikasi dalam bahasa inggris, just use what you’ve got dan lupakan bahasa Indonesia. Anda akan rasakan bedanya.
Keep your motivation steadily high.
Dengan motivasi yang tinggi, anda akan merasa enjoy (tidak merasa terpaksa) untuk menghabiskan waktu berjam-jam membaca atau menghafal grammar, membuka dictionary, dan praktek bahasa inggris. Jika anda cepat merasa bosan, itu berarti motivasi anda belum cukup tinggi. Kalau saya dulu, sekedar contoh, motivasi itu tinggi karena saya sangat ingin sekolah gratis di luar negeri. Lalu, apa motivasi anda belajar bahasa Inggris?
Karena bahasa Inggris sangat kompleks, tentu saja butuh waktu untuk mempelajarinya. Banyak teman kita menyerah di tengah jalan karena kurang sabaran, terlalu ingin tiba di garis finish dalam waktu yang singkat. Saran saya, don’t be too ambisious to touch the finish line in a very short time. Hal ini selain akan membuat fondasi grammar anda tidak kokoh, juga dapat mematahkan motivasi anda. Rileks saja, sooner or later you will arrive there.
Use good learning media that fit you.
Media belajar yang tepat tergantung pada karakter dan lifestyle seseorang. Media yang tepat untuk orang lain belum tentu tepat untuk anda, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah media yang dapat anda coba:
1. Jangan gunakan kamus yang hanya berisikan arti kata saja (i.e. can = dapat, month = bulan, plough = membajak, ect). Why? Karena kalimat-kalimat yang anda buat menjadi salah. Coba perhatikan 3 contoh kalimat berikut, yang kemungkinan besar akibat dari penggunaan kamus seperti itu:
• You must can (kamu harus bisa)
• The month goes round the earth (bulan mengitari bumi)
• Three people ploughed the airplane (tiga orang membajak pesawat itu).
2. Jika anda suka dengarkan lagu-lagu barat then keep doing so, dan jika anda tidak dapat nangkap lirycs-nya, cari di internet. Berikut adalah manfaat dari mendengarkan lagu berbahasa Inggris:
• Dapat meningkatkan listening skill anda.
• Dapat mengetahui how a certain word is pronounced.
• Dapat membantu membangun vocabs anda, karena kata-kata di dalam lagu lebih lama melengket di dalam memori anda (apalagi lagu-lagu bertemakan love).
• Dapat membantu mengingat pola-pola kalimat tertetu. Misalnya, dari lagunya the Corrs berjudul “What can I do” anda dapat jadikan acuan tentang penggunaan modal can dalam kalimat tanya; Pola apa yang anda dapatkan dari “It must’ve been love” oleh Rossette ini?
• Ketika anda bersedandung kecil di kamar mandi, anda sudah practice speaking, membentuk pola, etc.
3. Jika anda suka nonton DVD, then watch DVD movies. Sub-title dari DVD movies tersebut akan membantu anda bagaimana kata-kata tertentu dilafalkan. Pilih movies yang paling bagus menurut anda sehingga anda tidak merasa bosan untuk mutarnya lagi.
4. Gunakan fasilitas chatting, email, or whatever that uses English.
5. Visit http://swarabhaskara.byethost11.com. Blog tersebut berisikan grammar yang ditulis secara bilangual.
Practice makes perfect.
Pages - Menu
▼